BALAPAN

Pembalap Muda Prancis Tewas Ditabrak di GP Belgia

Pebalap Prancis, Anthoine Hubert semasa hidup. (Foto: TalkSport)

JAKARTA, Kate.id – Tragedi kembali terjadi di lintasan balap mobil formula. Pembalap Prancis Anthoine Hubert tewas setelah mengalami kecelakaan di balapan Formula 2 GP Belgia di Sirkuit Spa Francorchamps, Sabtu (31/8/2019) waktu setempat. Pembalap 22 tahun itu ditabrak Juan Manuel Correa, pebalap berdarah Ekuador-Amerika ketika melaju dalam kecepatan tinggi. Setelah sebelumnya dia kehilangan kendali dan menabrak tembok pembatas di tikungan cepat Raidillon di Spa.

Asosiasi balap formula, FIA mengumumkan jika Hubert meninggal pukul 18.35 waktu setempat. Investigasi atas insiden itu sedang dilakukan. Disebutkan bila kecelakaan yang melibatkan beberapa mobil itu, terjadi di lap kedua balapan. Anggota tim medis berhamburan ke tempat kejadian untuk memboyong para pebalap menuju pusat medis yang ada di sirkuit.

Kecelakaan ini berimbas pada penundaan Balapan kedua. Hingga kemudian diputuskan bahwa balapannya dibatalkan. Pun dengan balapan yang sedianya digelar sebelum GP Belgia kelas Formula 1 di akhir pekan ini, juga dibatalkan.

NAIK KE F2 MUSIM INI

Membalap untuk tim Arden, Hubert telah menang dua balapan musim ini yaitu di Monako dan Prancis. Prestasi ini membawanya ke peringkat delapan klasemen umum. Kematian Hubert menjadi kematian pembalap pertama yang terjadi di akhir pekan balapan Formula 1 sejak Ayrton Senna dan Roland Ratzenberger tewas di Imola pada 1994. Jules Bianchi, yang mengalami cedera parah di kepala ketika GP Jepang pada Oktober 2014, meninggal dunia karena cedera tersebut pada July di tahun berikutnya.

Hubert adalah salah satu anggota akademi pembalap muda Renault dan ucapan duka cita pun mengalir kepadanya. “Anthoine adalah orang yang cerdas,” kata kepala tim Renault Cyril Abiteboul seperti dikutip Reuters.

“Performa dan tingkah lakunya di dalam dan di luar trek menunjukkan dia adalah pria sejati. Sangatlah senang dan terhormat bisa mendapati dirinya di dalam akademi kami. Dia akan sangat dirindukan olah tim-tim kami di Enstone dan Viry. Semangatnya akan tetap bersama tim ini dan kami akan mengenang memori dia,” ujarnya.

Juara dunia lima kali Lewis Hamilton pun mengungkapkan perasaannya lewat media sosial. “Anthoine adalah seorang pahlawan sejauh yang aku tahu, karena mengambil risiko untuk mengejar mimpinya,” kata sang pebalap asal Inggris itu lewat fitur Instagram Story di akun resminya. “Aku sangat sedih ini terjadi. Mari kita menjunjung dan mengenang dia. Istirahat lah dengan tenang, saudaraku.”

Sedangkan bos Red Bull Racing, Christian Horner, menyebut kecelakaan di arena balap itu mengingatkan semua pihak mengenai betapa bisa berbahaya dan kerasnya olah raga bermotor ini.

Mobil nahas yang dikendarai Anthoine Hubert. (Foto: EPA)

HENING SATU MENIT

Formula 1 dan Formula 2 akan hening satu menit sebelum mengawali Grand Prix Belgia, Minggu malam waktu setempat, tulis laman www.gpblog.com. Hening satu menit ditujukan untuk menghormati dan mengenang Anthoine Hubert yang meninggal dunia secara tragis di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, kemarin. Sirkuit ini juga menjadi tempat GP Belgia.

Ucapan duka kepada pembalap Prancis berusia 22 tahun itu mengalir deras Minggu pagi waktu setempat dan Formula 1 akan melanjutkan mengirimkan penghormatannya pada Grand Prix Belgia hari ini. Hening sejenak Formula 2 akan dimulai pukul 10:50 pagi waktu setempat atau sekitar 16.50 WIB nanti, sedangkan hening satu menit di Formula 1 akan dilakukan pada pukul 14.53 waktu setempat atau sekitar 20.53 WIB. (*)

Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top