NASIONAL

Kapolri Sebut Ada Keterlibatan Asing dalam Kerusuhan Papua

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (kanan) bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Foto: Tribrata News)

JAKARTA, Kate.id – Pihak asing diduga berada di balik kasus kerusuhan yang terjadi di Papua. Hal ini diungkapkan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat menghadiri Perayaan Ulang Tahun Polwan ke-71 di Markas Polda Metro Jaya, Ahad (1/9/2019). Untuk itu Tito meminta agar warga Papua dan Papua Barat tidak terprovokasi bila menerima informasi yang bernada provokatif dan menyesatkan.

“Kita sama-sama tahu dari kelompok-kelompok ini ada hubungannya dengan network di internasional ya. Jadi, kita harus menanganinya memang di dalam negeri, maupun di luar negeri,” ujar Tito.

Dia menegaskan, aparat kepolisian saat ini terus bekerja melakukan penanganan agar kerusuhan tidak meluas. Polri juga terus berkoordinasi dengan pihak intelijen dan Kementerian Luar Negeri. “Kami bekerja sama dengan intelijen dan Kemenlu,” sambungnya.

Untuk mengetahui situasi Papua lebih lanjut, Senin (2/9/2019) ini Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berangkat ke Papua. Guna memantau langsung kondisi keamanan di Papua. Bahkan Kapolri dan Panglima TNI berencana untuk berkantor sementara di Papua. “Dengan Bapak Panglima [TNI] kemungkinan besar besok akan ke sana untuk memastikan situasi di sana betul-betul bisa terkendali dan dilakukan langkah penegakan hukum,” kata Tito.

“Paling tidak 4-5 hari, atau seminggu ada di situ. Kalau (personel di Papua) dianggap kurang, saya akan tambahkan pasukan. Dan kalau ada yang melakukan kerusuhan, kami akan tegakkan hukum pada mereka,” terangnya.

Sementara itu Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal selaku Kepala Divisi Humas Polri menyatakan, kasus Papua haruslah ditangani secara komprehensif. Saat ini Polri sedang bekerja sama dengan sejumlah kementerian dan lembaga untuk menangani masalah ini. Namun, demi keberhasilan operasi, proses tersebut tidak bisa diungkapkan kepada masyarakat.

“Sebenarnya kelompok-kelompok lokal yang diduga ada kaitannya dengan kerusuhan ter-connect dengan beberapa pihak luar. Ini sedang kami petakan. Pihak kami dari intelijen dan beberapa kementerian lembaga terkait sudah bekerja,” ujar Iqbal.

Terkait pihak asing yang ikut bermain dalam kerusuhan Papua, dia menolak memberitahukannya. Hal ini akan diselesaikan dengan melakukan diplomasi antar negara. Namun, satu hal yang dipastikan yakni polisi menjamin keamanan di Papua.

“Untuk apa sebenarnya, ini diplomasi antarnegara yang prioritas utama, Bapak Kapolri menyampaikan, kami jamin keamanan. Kerusuhan yang sudah ada, jangan terjadi lagi,” katanya

Iqbal berharap masyarakat warga Papua dan Papua Barat tak terprovokasi lagi. Karena saat ini polisi tengah bekerja mengusut peristiwa ini. “Nah, ini pihak-pihak yang diduga menggerakkan sudah dipetakan dan sedang didalami. Kalau misalkan terbukti secara hukum, tentunya akan ditegakkan secara hukum,” pungkas Iqbal. (*)

Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top