HUKUM & KRIMINAL

Polresta Samarinda Gagalkan Peredaran Sabu-Sabu dan Ekstasi Senilai Rp 1 Miliar

Polresta Samarinda berhasil menggagalkna peredaran Narkotika di Samarinda. (Foto: HO humas polda kaltim)

SAMARINDA, Kate.id – Satres Narkoba Polresta Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil menggagalkan peredaran narkoba jenis sabu-sabu dan ekstasi senilai Rp 1 miliar. Barang bukti yang berhasil diamankan yaitu sabu-sabu seberat hampir 1 kilogram dan pil ekstasi 1.448 butir dari tangan tersangka KHS.

Pengungkapan kasus ini bermula dari adanya laporan masyarakat terkait transaksi narkotika. KHS berhasil diamankan saat mengendarai motor melintas di Jl DI Pandjaitan, Rabu sore (28/8.2019). Ia datang dari kawasan Sungai Siring dekat Bandara APT Pranoto Samarinda.

Saat ditangkap, KHS melempar kotak susu formula ke seberang jalan. Ketika diamankan, ternyata isi kotak tersebut berupa 20 bungkus sabu-sabu seberat 988,42 gram bruto, 1 bungkus pil ekstasi warna biru sejumlah 500 butir berat 125 gram netto dan 2 bungkus pil ekstasi gambar mahkota warna hijau sejumlah 998 butir berat 269,46 gram netto.

“Tersangka KHS ini diduga mengambil barang tersebut di daerah Sungai Siring. Kemudian rencana akan diedarkan di area Kota Samarinda,. Jika diuangkan nilainya bisa Rp 1 miliar lebih,” kata Wakapolresta Samarinda AKBP Dedi Agustono, di Samarinda, Jumat (30/8/2019).

Wakapolresta Samarinda AKBPD Dedi Agustono saat menjelaskan tersangka KHS dan barang bukti yang berhasil diamankan. (Foto: Istimewa)

Tersangka KHS merupakan warga Samarinda Seberang dan pemain baru. Dari keterangannya, KHS hanya sebuah kurir dengan diiming-imingi upah sebesar Rp 15 juta jika berhasil mengantarkan barang tersebut. KHS mengambil barang tersebut di semak-semak di depan Bandara APT Pranoto Samarinda untuk diantar ke Jalan Juanda dipusat Kota Samarinda. Menjadi kurir narkoba, diakuinya, sudah dilakukan beberapa kali dengan alasan kebutuhan ekonomi.

“Tapi saya tidak pernah ketemu langsung dengan yang punya barang, biasa lewat telepon saja. Kalau berhasil diantar baru ditransfer. Itu rencana mau diantar ke Jalan Juanda,” kata tersangka KHS.

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengatakan, kasus tersebut akan terus dikembangkan. Petugas kini tengah mengejar pemilik barang tersebut. Saat ini tersangka dan barang bukti diamankan ke Mako Polresta Samarinda untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Tersangka KHS disangkakan melanggar pasal 114 ayat 2, Pasal 112 ayat 2 UU RI No 35 Tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika dengan ancaman penjara maksimal seumur hidup,” ucap Ade, dalam keterangannya. (*)

Bang bukti yang berhasil diamankan Satres Narkoba Polresta Samarinda (Foto: istimewa)

BARANG BUKTI YANG DIAMANKAN

  • 20 (dua puluh bungkus) bungkus yang diduga narkotika jenis sabu dengan berat 988,42 gram brutto.
  • 1 (satu) bungkus pil ekstasi warna biru berjumlah 500 butir seberat 125 gram netto.
  • 2 bungkus pil ekstasi gambar mahkota warna hijau berjumlah 998 butir seberat 269,46 gram netto*.
  • 1 (satu) plastik kresek hitam*
  • 1 (satu) kotak wafer tanggo.
  • 1 (satu) kotak susu merk chil school.
  • 1 (satu) hp samsung warna putih.
  • 1 (satu) Unit sepeda motor skywave warna gold KT 3311 NY

Writer: Sandy Hidayat, Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top