SEPAK BOLA

Kalahkan Messi dan Ronaldo, Virgil Van Dijk Jadi Pemain Terbaik Eropa

Virgil Van Dijk (tengah) dinobatkan sebagai pemain terbaik UEFA 2018-2019 (Foto: UEFA)

Kate.id – Virgil van Dijk dinobatkan sebagai pemain terbaik eropa musim 2018-2019 oleh otoritas sepabola tertinggi Eropa – UEFA. Bek Liverpool itu mengalahkan digdaya persaingan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. UEFA mengumumkan pemain terbaik setelah acara drawing fase grup Liga Champion 2019-2020 di Grimaldi Forum, Kamis (29/8/2019).

Sebelum diumumkan, ketiga kandidat duduk di barisan terdepan, yakni Messi, Ronaldo dan Van Dijk. Ketiganya sempat diwawancarai dahulu sebelum Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menyebut nama Van Dijk sebagai pemenang award tersebut.

Keberhasilan Liverpool menjadi juara Liga Champions musim lalu dan membantu tim meraih enam pertadingan clean sheet atau tidak kebobolan, paling banyak diantara tim lain, menjadi alasan Van Dijk mengalahkan Messi dan Ronaldo. Selain itu, Virgil Van Dijk juga berandil besar mengantarkan Liverpool finis runner-up Premier League. Virgil Van Dijk jadi pemain Belanda yang memenangi penghargaan ini dan pemain Liverpool kedua setelah Steven Gerrard pada 2005.

Virgil Van Dijk memang menjadi salah satu pemain yang tampil moncer bagi Liverpool pada musim 2018-2019. Total bek berusia 28 tahun tersebut mengemas 50 penampilan bagi Liverpool di semua ajang. Jumlah penampilan tersebut dilengkapi Van Dijk dengan raihan enam gol dan empat assist. Tak hanya itu, selain mendapatkan gelar pemain terbaik Eropa, mantan pemain Southampton itu juga terpilih sebagai bek terbaik UEFA.  Sebelumnya, UEFA memberikan beberapa penghargaan bagi nominasi pemain terbaik tiap posisi di Liga Champions 2019-2020.

Untuk posisi kiper diraih rekan se-tim Van Dijk, Alisson Becker. Posisi gelandang dan penyerang diraih oleh duo Barcelona, Frenkie De Jong dan Lionel Messi. (*)

Virgil Van Dijk dan Alisson Becker (Foto: UEFA)
Frenkie De Jong dan Lionel Messi (Foto: UEFA)

Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top