NASIONAL

Jadi Ibu Kota Negara, Gubernur Kaltim: Tidak Ada Pilihan Lain, Harus Siap

Gubernur Kaltim Isran Noor di Istana Negara, Jakarta. (Foto: BPMI)

JAKARTA, Kate.id – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menyambut baik ditunjuknya Provinsi Kaltim sebagai lokasi Ibu Kota Negara pusat pemerintahan baru Indonesia. Sebelumnya, Presiden Jokowi telah resmi mengumumkan bahwa Ibu Kota Negara baru akan pindah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), di Provinsi Kaltim.

“Kesiapan kami semua siap. Masyarakat siap dan pemerintah daerah siap,” kata Gubernur Kaltim Isran Noor usai mendampingi Presiden Jokowi saat konferensi pers penetapan lokasi Ibu Kota Negara baru di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Isran mengatakan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan kepala daerah Kabupaten Kukar dan PPU. Termasuk Samarinda dan Balikpapan. Tujuannya untuk menindaklanjuti dan mematangkan kesiapan di daerah terhadap keputusan Presiden Jokowi tersebut. “Tidak ada pilihan lain kecuali harus siap,” sebutnya.  

Isran berpendapat, dampak positif ibu kota negara di Kaltim nantinya tak hanya dinikmati oleh masyarakat Kaltim saja. Ia meyakini jika seluruh provinsi dan wilayah di Kalimantan juga akan merasakan manfaatnya.

“Termasuk juga provinsi- provinsi yang ada di wilayah tengah dan timur (Indonesia). Kenapa ? Karena ini berbatasan langsung dengan Sulawesi,” jelasnya.

“Saya kira, Saya yakin dampak positifnya akan banyak. Bukan hanya persoalan yang ada di Kaltim, tapi dibeberapa wilayah di Indonesia tengah ke timur akan mendapatkan dampak positifnya. Karena jarak dari wilayah ini berada di posisi tengah negara,” tandasnya. (*)

Writer: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top