SEPAK BOLA

Berbagi Poin dengan Persipura, Borneo FC Sampaikan Pesan Damai dari Samarinda

Borneo FC menjamu Persipura Jayapura di Stadion Segiri Samarinda, Senin (19/8/2019) (Foto: Liga Indonesia Baru)

SAMARINDA, Kate.id – Borneo FC harus berbagi poin saat menjamu Persipura Jayapura dalam lanjutan pekan ke- 15 Liga 1 Indonesia. Bermain di Stadion Segiri Samarinda, Senin (19/8) malam, pertandingan berkesudahan imbang 1- 1.   

Meski ditahan imbang, Borneo FC terus mempertahankan rekor tak terkalahkan dalam sembilan laga terakhirnya. Anak asuhan Mario Gomez sadar memburu kemenangan atas Persipura bukan perkara gampang. Boas Salosa membuka keunggulan Persipura menit 87, disusul satu menit kemudian Renan Silva menyeimbangkan kedudukan Borneo FC menit 88.

JALANNYA PERTANDINGAN

Pertemuan keduanya berlangsung sengit, meski di babak pertama tidak banyak serangan yang dibangun oleh kedua tim. Kedua tim sama-sama bermain dengan tempo yang cukup lambat.

Memasuki babak kedua, Boas Salosa pemain senior Persipura Jayapura yang masuk menit 74 gantikan Mamadou Samassa sukses membuka keunggulan. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Borneo FC, Boas melesatkan tendangan yang tidak bisa diantisipasi oleh kiper Nadeo Argawinata menit 87, skor berubah 0-1 untuk keunggulan Persipura Jayapura.

Tidak butuh lama bagi tuan rumah menyeimbangkan skor, selang 1 menit, lewat umpan matang si lincah Sihran, sukses diterima dan dikontrol dengan baik oleh Renan Silva. Bola yang dilesatkan Renan tidak mampu dibendung kiper Dede Sulaiman, skor imbang 1-1.

Mendekati menit akhir babak kedua, tempo permainan semakin meningkat dan panas. Kericuhan kecil sempat terjadi namun dapat ditenangkan oleh wasit Ikhsan asal Yogyakarta. Skor imbang 1-1 pun menutup laga yang berlangsung seru itu.

Pesan “Say No to Racism” dari pemain Borneo FC (Foto: Liga Indonesia Baru)

PESAN DAMAI DARI SAMARINDA

Isu yang hangat belakangan ini, dugaan aksi rasis terhadap masyarakat Papua sampai ke lapangan sepak bola. Pesan damai disampaikan dalam laga ini. Para pemain Persipura tampak menyampaikan pesan lewat selembar kertas yang dibawa setiap pemainnya bertuliskan “Stop Rasis”.

Begitupun dengan pasukan Pesut Etam, membawa pesan yang kertas bertuliskan senada, berbunyi, “Say No To Racim”. Pesan ini menyiratkan, bahwa siapapun kita perbedaan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (RAS), rumah kita sama. Sama-sama Indonesia!

Pesan “Stop Rasis” dari pemain Persipura Jayapura (Foto: Liga Indonesia Baru)

MESKI IMBANG, GOMES TAK KECEWA

Hanya meraih satu poin, pelatih Borneo FC Mario Gomez tak kecewa. Menurutnya permainan tim sudah sangat maksimal walau gagal meraih kemenangan. “Kami tidak menang tapi dapat satu poin. Ini bagus karena di setiap pertandingan selalu ada hasil,” kata Gomez, dalam keterangannya.

Meski begitu, eks juru taktik Persib Bandung ini memiliki beberapa catatan. Dia menjanjikan evaluasi agar di laga berikutnya bisa meraih kemenangan. “Melawan Semen Padang di laga kandang berikutnya kami berusaha menang. Persiapan harus lebih matang agar mendapatkan hasil positif,” imbuhnya.

Sementara dari kubu tamu, pelatih Persipura Jacksen F Tiago mensyukuri hasil yang didapat. Dia menganggap mencuri poin di Samarinda tak mudah. “Pertandingan yang menarik menurut saya dari babak pertama sampai akhir. Walau kami ada kesempatan untuk menang, tapi satu poin sudah sangat berharga. Dari hasil ini tetap ada evaluasi untuk laga berikutnya,” ucap Jacksen.

Raihan satu poin ini menempatkan Borneo FC di peringkat lima dengan torehan 21 poin. Sedangkan Persipura berada di posisi ketujuh dengan 17 poin. (*)

Writer: Sandy Hidayat, Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top