METROPOLIS

Lokasi Ibu Kota Baru Akan Diumumkan, Isran: Rasa-rasanya Jadi di Kaltim

Gubernur Kaltim, Isran Noor

SAMARINDA, Kate.id – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menyakini, jika provinsi ini akan ditunjuk sebagai Ibu kota Baru menggantikan DKI Jakarta. Isran menyampaikan keyakinan itu pada saat Paripurna Pengesahan Raperda APBD Perubahan 2019 Kaltim, di Gedung DPRD Kaltim, di Samarinda, Rabu (14/8/2019).

Di hadapan wakil rakyat, awalnya Isran mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk menonton pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo bertema Hari Kemerdekaan 74 RI, pada Jumat, 16 Agustus 2019. Dijadwalkan pidato akan disiarkan langsung seluruh stasiun TV swasta, pukul 10.00 WIB.

“Saya mengajak masyarakat untuk menonton pidato Presiden, pukul 10.00 WIB, atau kalau disini (Kaltim) jam 11.00 Wita,” ucapnya.

Menurut Isran, pada saat pidato tersebut direncanakan Presiden Jokowi bakal mengumumkan lokasi ibu kota Negara RI pengganti DKI Jakarta di pulau Kalimantan. Antara, Kaltim, Kalteng, atau Kalsel.

“Rasa- rasanya jadi di Bukit Soeharto (Kaltim). Jadi nanti bisa kita ubah gedung DPRD (Kaltim) ini jadi DPR RI. Maksudnya pindah ke Bukit Soeharto di sini jadi tetap DPRD Kaltim,” ucap Isran yang disambut riuh para wakil rakyat dalam paripurna tersebut.

Keyakinan Isran itu, didasari dari segala persyaratan kelayakan ibu kota negara, seluruhnya ada di Kaltim.

“Insyaallah saya kira semua persyaratan, tidak satupun persyaratan yang dibutuhkan dalam sebuah ibu kota negara, Kaltim memenuhi semuanya,” terangnya.

Tapi, sambung Isran, kembali lagi persoalan penunjukan lokasi tergantung keputusan politik Presiden Jokowi.

“Mau di mana menempatkannya. Karena cerita panjang mengenai pemindahan ibu kota ini sejak lama kita dengarkan dan kita sudah lama mendengar cerita dalam sejarah soal ini,” pungkasnya. (*)

Writer: Sandy Hidayat, Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top