METROPOLIS

Kapolda Tinjau SPN Kaltim, Target Tahun Depan Rampung

Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto saat memantau komplek SPN di Kutai Kartanegara. (Foto: HO Humas Polda Kaltim)

KUTAI KARTANEGARA, Kate.id – Pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) Kalimantan Timur (Kaltim) di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ditarget rampung pada tahun depan. Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Kaltim,  Irjen Pol Priyo Widyanto didampingi Sekkab Kukar Sunggono, Ketua DPRD Kukar Salehuddin, serta jajaran OPD di lingkungan Pemkab Kukar, melihat langsung progres pembangunan SPN Kaltim diwilayah Jonggon itu, Selasa (13/8/2019).

Dalam tinjauannya, Kapolda tampak puas karena sejumlah fasilitas seperti kolam renang, lapangan menembak dan barak, bakal dibangun megah. Satu persatu bangunan yang sudah rampung dilihat progres pembangunannya. Kata Kapolda, SPN ini dibangun karena kondisi SPN di Balikpapan sudah tidak representatif lagi untuk digunakan.

“Tentu saja kawasan ini akan segera berkembang perekonomiannya setelah SPN ini rampung. Selain itu, putra-putri daerah yang akan menempuh pendidikan di SPN akan lebih nyaman. Karena untuk lokasi SPN di Balikpapan memang kondisinya sudah tidak layak lagi,” terang Kapolda.

Ia pun berharap agar pembangunan SPN mulai bisa digunakan untuk Bintara Polri pada tahun 2020 dan mampu mencetak anggota-anggota polri baru yang memiliki integritas tinggi. “Harapan kami nantinya sekolah ini menghasilkan lulusan yang baik sehingga mampu mengabdikan diri sesuai tugas di tengah-tengah masyarakat” tuturnya. Kapolda juga mengapresiasi kepada pemerintah daerah se- Kaltim yang sudah berkomitmen dalam kelanjutan pembangunan SPN tersebut.

Untuk mempercepat pembangunan SPN di Kukar ini, Pemkab Kukar mengalokasikan anggaran dalam APBD Perubahan Kukar 2019 sebesar Rp 32 miliar untuk pembangunan. Pemprov Kaltim pun disebut memberikan komitmen atas pembangunan SPN di Jonggon tersebut. Dana yang diusulkan dalam APBD-P pun senilai Rp 50 miliar.

Sejumlah fasilitas infrastruktur di lingkungan SPN dibangun dengan gotong roying dari Pemda se -Kaltim,  yang seluruhnya sepakat untuk mendukung percepatan pembangunan SPN tersebut.

Pemkab Mahulu misalnya akan membangun laboratorium komputer senilai Rp 3,5 miliar. Pemkab Kukar membangun kelas besar senilai Rp 9,4 miliar. Pemkab Berau turut membangun Polsek Latihan senilai Rp 564 juta. Selain itu ada juga Pemkot Bontang mengalokasikan Rp 12,6 miliar untuk pembangunan auditorium. Juga ada pembangunan Gelanggang Olahraga yang dibangun oleh Pemkab Paser dengan nilai Rp 16,9 miliar.

Diketahui, rencana pembanguan SPN di Dusun Margahayu, Desa Jonggon di Kecamatan Loa Kulu, Kukar ini berdiri diatas lahan seluas 428 Hektar, di lahan bekas tambang milik PT Multi Harapan Utama (MHU). Lokasi SPN diklaim menjadi segitiga emas antara kabupaten Paser, Kukar dan Balikpapan (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top