METROPOLIS

Gubernur Kaltara Minta Jalan Sekatak-Malinau Tuntas Akhir Tahun

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menerima penjelasan progres penegrjaan jalan Sekatak - Malinau. (Foto:Infopubdok Kaltara)

TANJUNG SELOR, Kate.id – Perbaikan jalan Trans Kalimantan, poros Sekatak di Bulungan Kabupaten Tana Tidung- Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara) terus dikebut. Dalam hal ini, Gubernur Kaltara Irianto Lambrie meminta pihak pelaksana kegiatan memastikan kegiatan rehabilitasi tersebut bisa tuntas 100 persen pada akhir 2019.

“Alhamdulillah, progresnya sudah bagus. Khusus di wilayah Bulungan dan Tana Tidung sudah selesai. Tinggal sedikit di daerah Malinau yang sementara dalam pengerjaan. Pihak pelaksana kegiatan juga sudah memastikan insyaallah bisa selesai 100 persen,” kata Irianto usai meninjau jalan tersebut, pada Jumat (9/8/2019) lalu, dalam keterangan resmi pemprov Kaltara.

Menurut laporan di lapangan, sambung Irianto, hingga sekarang progres pengerjaan jalan sepanjang 103,48 kilometer itu, sudah mencapai 70 persen lebih. Pihak pelaksana kegiatan meyakinkan, akhir tahun sudah bisa selesai 100 persen. 

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie saat meninjau lokasi proyek pengerjaan jalan Sekatak- Malinau (foto: infopubdok Kaltara)

Sesuai yang tertera dalam kontrak, pengerjaan jalan tersebut dimulai sejak Januari 2019, menggunakan sistem multiyears contract (MYC) atau tahun jamak. Dengan nilai kontrak Rp 169,2 miliar. Meliputi rehabilitasi jalan, perawatan, pelebaran, hingga rehabilitasi dan perawatan jembatan. Gubernur mengatakan, anggaran untuk kegiatan peningkatan jalan ini, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Alhamdulillah, ini juga merupakan hasil usaha kami yang tak lelah terus melakukan komunikasi dan koordinasi yang instensif dengan pusat,” terangnya.

Penuntasan jalan Trans Kalimantan yang menjadi akses antar kabupaten di Kalimantan, termasuk Kaltara ini, lanjut Gubernur, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memperlancar konektivitas antar wilayah. Dengan terkoneksinya antar daerah dengan lancar, Gubernur yakin pertumbuhan ekonomi akan berkembang pesat.

“Dengan akses transportasi yang mudah, logistik barang juga mudah. Sehingga secara ekonomi, jika ongkos transportasi murah, akan menekan harga barang. Dan yang lebih penting lagi pelayanan kepada masyarakat akan lebih mudah,” tandas Irianto. (*)

Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top