SEPAK BOLA

Bungkam Laos, Timnas U-18 Kunci Satu Tiket Semifinal Piala AFF

Timnas u -18 saat menghadapi Laos di Piala AFF 2019 (Foto: pssi.org)

Kate.id – Timnas U-18 sukses mengunci satu tiket ke babak Semi Final piala AFF 2019. Tiket ini dipastikan usai menaklukkan Laos 2-1, dalam laga lanjutan keempat Grup A, yang berlangsung di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Senin, (12/8/2019).

Doa gol kemenangan Garuda Nusantara berasal dari Amiruddin Bagus dan gol bunuh diri dari pemain Laos Anoulack Vannalath. Satu gol Laos dicetak oleh Alounnay Lounlasy.

Dalam laga ini, Laos mampu menyulitkan Indonesia sejak menit awal. Ancaman pertama Laos datang di menit kelima saat tendangan bebas Chony Wenpaseth, namun berhasil ditangkap Ernando Ari. Pada 10 menit laga berjalan, Indonesia masih kesulitan mengancam gawang Laos. Garuda Nusantara kalah agresif dari para pemain Laos.

Sulitnya Indonesia menekan pertahanan Laos membuat pelatih Fakhri Husaini melakukan pergantian pemain di menit ke-36. Braif Fatari ditarik keluar untuk memainkan Beckham Putra.

Timnas U-18 baru mendapat kesempatan untuk mengancam pertahanan Laos di menit ke-18. Sutan Zico, yang muncul dari sisi kiri, berhasil menyerobot bola dari pemain Laos. Dia menggiring bola sampai sisi kotak penalti dan melepaskan umpan, namun bola bisa disapu bek lawan.

Peluang emas didapat Indonesia pada menit ke-54. Bola tembakan Fajar yang menggantikan Supriadi akibat cedera di menit ke-32, masih bisa ditepis kiper Solasak Thilavong.

Keputusan Fakhri Husaini untuk memasukkan Fajar, tepat. Pemain ini kembali menebar ancaman lewat umpan silangnya di menit ke-64, menghadirkan kemelut di kotak penalti Laos. Bagus, yang mendapat bola gagal melepaskan tembakan. Zico menyambar bola yang sudah berada di depan gawang, namun arahnya masih ke atas gawang.

Asyik menyerang, Laos malah lebih dulu membobol gawang Timnas di menit ke-70. Tembakan Alounnay Lounlasy dari luar kotak penalti gagal dihalau Ernando.

Aksi Bagus saat berhasil membobol gawal Loas pada menit ke 72. (Foto: pssi.org)

Indonesia beraksi cepat. Selang 2 menit, Bagus berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-72 usai bekerja sama dengan Zico di kotak penalti Laos.

Saling jual beli serangan terjadi. Namun, Laos harus rela menuntaskan laga dengan kekalahan 1-2 setelah Anoulack Vannalath melesakkan gol bunuh diri di injury time. Gol berawal dari umpan silang Bagas Kaffa yang diteruskan dengan sontekan Bagus. Bola sempat tak mengarah ke gawang, namun berbelok masuk ke gawang setelah terkena Anoulack.

Kemenangan ini memastikan Indonesia meraih satu tiket ke semifinal. Garuda Nusantara untuk sementara memimpin puncak klasemen dengan 12 poin dari empat laga, diikuti Myanmar di posisi kedua dengan sembilan poin dari tiga laga. Sementara, Laos duduk di posisi ketiga dengan enam poin dari empat laga. Peluang Laos untuk ke semifinal masih terbuka jika Myanmar kalah dari Brunei Darussalam, yang sudah dipastikan tersingkir bersama Filipina karena belum mampu mendulang poin sama sekali.

Sedangkan, Indonesia dipastikan lolos karena minimal akan keluar sebagai runner up Grup A. Andai Myanmar menang atas Brunei, Indonesia pun masih punya selisih gol yang cukup banyak (16-6). Di laga terakhir, Indonesia akan menghadapi Myanmar pada Rabu (14/8). (*)

Comments

BERITA TERBARU

To Top