METROPOLIS

Islamic Center Samarinda Terima Sapi Kurban dari Jokowi

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi menyerahkan secara simbolis sapi dari Presiden Joko Widodo kepada Pengurus Masjid Islamic Center Samarinda (Foto: kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Pengurus Masjid Islamic Center Baitul Muttaqin Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), menerima satu ekor sapi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Serah terima sapi dilakukan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim, Hadi Mulyadi kepada Ketua Dewan Pembina Badan Pengelola Islamic Center, Awang Dharma Bakti, di Halaman Masjid usai melaksanakan Solat Iduladha, Minggu (11/8/2019) pagi tadi. Tahun ini, Wagub Hadi menjadi khotib Iduladha 1440 hijriah di Masjid Islamic Center.

Dalam sambutannya, Hadi berharap sapi kurban sumbangan dari Jokowi maupun gubernur dan wakil gubernur, dapat bermanfaat bagi masyarakat Kaltim. Khususnya masyarakat di sekitar Masjid Baitul Muttaqien Samarinda.

“Saya atas nama dan mewakili Pemerintah Republik Indonesia menyerahkan sapi kurban ini untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi masyarakat. Pengorbanan itu adalah sebuah simbol. Bagi kita yang ingin membangun bangsa, membangun Kaltim semua harus berkorban. Mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran untuk Kaltim,” ungkap Hadi.

Selain itu juga diserahkan secara simbolis sapi kurban sumbangan gubernur dan wakil gubernur. Total ada 18 ekor sapi dan 14 ekor kambing yang akan dikurbankan di Islamic Center. Seluruh hewan kurban tersebut akan disembelih hari ini dan segera dibagikan kepada masyarakat, dimulai dari pukul 13.00 Wita.

“Insya Allah semua akan disembelih dan segera dibagikan sesuai tertera di kupon. Pembagian mulai dilakukan sekira pukul 13.00 Wita,” kata Abdul Wahab selaku Ketua Panitia Kurban Masjid Islamic Center Samarinda.

Tahun ini panitia menyediakan lebih dari 1.800 kupon hewan kurban. Kupon kurban dibagikan ke masyarakat ditiga kelurahan yang berada di sekitar Islamic Center. Yakni Kelurahan Telok Lerong Ulu, Kelurahan Karang Anyar, dan sebagian dari Kelurahan Karang Asam Ilir, Kecamatan Sei Kunjang.

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi menyembelih hewan kurban di Masjid Islamic Center, Samarinda. (Foto: HO humas pemprov kaltim)

WAGUB SEMBELIH HEWAN KURBAN

Tidak hanya menyumbang sapi kurban, Wagub Kaltim Hadi Mulyadi juga turut menyembelih sendiri hewan kurbannya sesuai syariat Islam. Saban tahun, Wagub mengaku selalu menyembelih sendiri hewan kurbannya. Bahkan sudah dijalaninya sejak 21 tahun lalu.

“Kalau potong kambing sudah lama sekali mulainya. Tapi kalau sapi sejak 21 tahun lalu. Awalnya pasti kecipratan darah, tapi ketika sudah mahir maka itu akan mudah dilakukan,” jelasnya kepada awak media yang tertarik melihat orang nomor dua di Benua Etam ini menyembelih sendiri hewan kurban di halaman belakang Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda.

Tidak hanya di Islamic Center, Hadi Mulyadi yang didampingi istri Erni Makmur Hadi Mulyadi juga menyembelih sapi kurban di Langgar Darul Ittihad Jalan Pangeran Antasari 2 Gang 1 Samarinda. Dari total tujuh sapi yang dikurbankan, Wagub Hadi menyembelih dua ekor sapi. “Sekali lagi, semoga ini bermanfaat bagi masyarakat di sekitar Langgar Darul Ittihad ini. Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah,” ucap Hadi. (*)

Writer: Sandy Hidayat, Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top