NASIONAL

Lagi, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Raih Predikat Terbaik di Dunia

Bandara Internaional SAMS Sepinggan Balikpapan (Foto: istimewa)

Kate.id – Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) kembali dinobatkan menjadi bandara terbaik di dunia. Kali ini versi Airport Council International (ACI) untuk kategori bandara dengan penumpang 5- 15 juta penumpang per tahun. 

Kantor berita Antara melansir, Bandara SAMS Sepinggan mampu mengungguli tiga bandara lainnya. General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Sepinggan Farid Indra Nugraha mengatakan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan unggul bersaing dari Bandara Chattrapati Shivaji Mumbai (India), Bandara Incheon (Korea Selatan), dan Bandara International Halifax Stanfield (Kanada). “Kita unggul bersaing dari bandara itu,” jelasnya.

ACI yang berkantor di Montreal, Kanada itu menggelar Airport Service Quality (ASQ) atau survei kualitas layanan selama waktu tertentu yang diumumkan pada 6 Maret 2019.

Kategori di kelas 5-15 juta penumpang tersebut, yaitu bandara terbaik di Asia-Pasifik, bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana. Bandara terbaik dalam pelayanan pelanggan dan bandara dengan infrastruktur terbaik. Penilaian pada infrastruktur terutama parkir, toilet, elevator (lift), eskalator, ATM, counter check in dan bagasi.

“Dengan akreditasi dari ACI ini, artinya pengelola bandara telah menunjukkan komitmen secara terus-menerus untuk menjaga kepuasan pelanggan,” kata ACI World Director, Angela Gittens, dalam keterangan persnya.

Terminal keberangkatan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan (foto:istimewa)

Gittens akan menyerahkan sertifikat tanda penghargaan ini pada ajang ACI Customer Experience Global Summit yang akan diadakan di Bali, 2-5 September 2019. Yang akan dihadiri seluruh jajaran pengelola bandara terbaik dari seluruh dunia.

Selain Bandara Sepinggan, bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) yang juga mendapat penghargaan dari ACI untuk berbagai kategori yaitu Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Achmad Yani Semarang, Bandara Djuanda Surabaya, Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar Bali, Bandara Lombok Praya, Lombok, Bandara El Tari Kupang, Bandara Pattimura Ambon, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar; dan Bandara Sam Ratulangie, Manado.

Penghargaan yang diterima bandara-bandara itu menjadikan Angkasa Pura I sebagai operator bandara pertama di Asia-Pasifik yang mayoritas bandaranya mendapatkan pengakuan atas komitmen menjaga kepuasan pelanggan. (*)

Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top