NASIONAL

Tutup TMMD di Samarinda, Panglima TNI Terima Gelar Pangeran

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menerima gelar kehormatan Pangeran Wira Ambara” dari Kesultanan Kutai Ing Martadipura. (Foto: PUSPEN TNI)

SAMARINDA, Kate.id – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menerima gelar kehormatan “Pangeran Wira Ambara” dari Kesultanan Kutai Ing Martadipura. Penyerahan gelar tersebut dilakukan langsung oleh Sultan Kutai Kertanegara Ing Martadipura ke-XXI, Drs. Adji Mohammad Arifin, M.Si. (Adji Pangeran Prabu Anum Surya Adiningrat), dalam penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 105 Kodim 0901/Samarinda di GOR Sempaja Samarinda, Kamis (8/8/2019).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan, TMMD telah berjalan selama 39 tahun diawali pada 1980. Kala itu digagas Jenderal M Yusuf melalui program ABRI Masuk Desa dan Lintas Sektoral bersama Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Masyarakat. Tujuannya, sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan pembangunan nasional.

“Dengan telah selesainya TMMD ke-105, kita semua tentunya berharap dapat meningkatkan kesejahteraan Rakyat. Apa yang telah dibangun bersama hendaknya dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh Masyarakat dalam jangka panjang,” ujar Panglima.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat upacara penutupan TMMD ke 105 Kodim 0901/Samarinda di Halaman GOR Stadion Sempaja. (Foto: Puspen TNI)

Pada kesempatan ini, Panglima juga mengucapkan terima kasih kepada para Pejabat Daerah, Tokoh Agama, Adat, Masyarakat, atas dukungan bantuan dan partisipasinya dalam menyukseskan TMMD.

Dilaporkan, TMMD sampai dengan saat ini telah membangun jalan sepanjang kurang lebih 24.391.653 meter. Pembuatan parit/irigasi/siring sepanjang kurang lebih 3.572.223 meter dan 7.418 unit jembatan. Selain itu telah dibangun atau direhabilitasi sebanyak 35.166 unit rumah. Juga dipasangnya 1.209.002 meter pipa air bersih, dibangunnya 8.162 unit sarana ibadah, 7.786 unit gedung sekolah dan pemasangan jaringan listrik di 15.484 lokasi.

Pra TMMD Kodim 0901/Samarinda pelaksanaan TMMD Reguler ke- 105 Tahun 2019, di Jl. Taqwa 1 Rt. 28 Kelurahan Lok Bahu Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda, sepanjang 1000 meter yaitu melakukan pemasangan patok badan jalan (Foto Dok Korem O91/Samarinda)

TMMD ke-105 yang dilaksanakan oleh Kodim 0901/Samarinda sendiri berupa kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik di antaranya telah membangun jalan sepanjang kurang lebih 1 kilometer yang dahulunya berupa rawa-rawa.

“Jalan ini telah menghubungkan dua desa. Sebelumnya masyarakat harus jalan berputar sejauh kurang lebih 5 Km.  Dengan adanya jalan ini, dua desa ini bisa terhubung dengan baik,” ujarnya. Sementara untuk kegiatan non fisik, berupa penyuluhan terkait bahaya narkoba, bela negara, cinta tanah air dan menciptakan animo masyarakat, animo pemuda dan pemudi agar bisa menjadi anggota TNI. (*)

Writer: Sandy Hidayat, Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top