HUKUM & KRIMINAL

Dugaan Korupsi Dana Desa di Bantaeng Naik ke Tahap Penyidikan

ilustrasi.

BANTAENG, Kate.id – Status kasus dugaan penyalahgunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Pattalassang, Kecamatan Tompobulu Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun anggaran 2016 dinaikkan ke tahap penyidikan (sidik) oleh Tipikor Polres Bantaeng. Oknum Kepala Desa (Kades) Pattalassang berinisial MZ diduga terlibat dalam kasus ini.

Hal ini diungkapkan Kasat Reskrim Polres Bantaeng AKP Abd Haris Nikolaus. “Statusnya ditingkatkan ketahap penyidikan (sidik) unit tipikor Polres Bantaeng. Proses penanganan dan pemanggilan saksi-saksi yang lain, juga sudah dilakukan sejak dua pekan kemarin,” kata dia, dilansir dari laman Polres Bantaeng, Kamis (8/8/2019).

Menurut Kasat Reskrim, pasal yang nantinya disangkakan dalam tindak pidana Korupsi terhadap YM yaitu Pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 UU no 31 tahun 1999. Tentang tindak pidana Korupsi sebagaimana yang telah diubah UU RI Nomor 20 Tahun 2001 dengan ancaman kurungan 10 tahun penjara.

Sekadar informasi, Kades Patalassang pada tahun 2016 Diduga melakukan penyimpangan pengelolaan DD dan ADD pada tahun Anggaran tersebut. Yaitu dengan cara anggaran DD dan ADD tersebut dibelanjakan bukan pada peruntukannya. Juga tidak dibuatkan surat pertanggungjawaban tentang penggunaan anggaran tersebut. Selain itu, ada sebagian kegiatan tersebut dibuatkan surat pertanggungjawaban namun diduga kegiatannya fiktif.

Saat ini Unit Tipikor Polres Bantaeng telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. “Sudah ada 42 orang saksi yang kami periksa,” tutur Kanit Tipikor Polres Bantaeng Ipda Syahruddin. (*)

Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top