GAME

Main Game Fortnite, Remaja Amerika Serikat Bawa Pulang Rp 42 Miliar

Kyle Giersdorf. (Foto: Epic Games)

Kate.id – Siapa bilang bermain video game tidak bisa menghasilkan? Buktinya, Kyle Giersdorf, seorang remaja asal Amerika Serikat sukses mendapatkan hadiah USD 3 juta atau setara Rp 42 miliar dari kegemarannya bermain video game. Hadiah uang tunai tersebut didapatkannya Ahad (28/7/2019) di New York dalam turnamen Piala Dunia Fortnite, sebuah video game online.

Dilansir dari CNBC, Geirsdorf, remaja 16 tahun itu adalah salah seorang dari 100 pemain yang bersaing untuk mendapatkan hadiah dengan total USD 30 juta atau sekira Rp 420 miliar. Bermain dengan nama Bugha, Giersdorf memenangkan babak final tunggal Piala Dunia Fortnite bertajuk “World Cup Solo” dengan mencetak 59 poin. Poin tersebut 26 lebih tinggi dari pesaing terdekatnya Mazmur.

“Ini tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Saya sangat senang. Segala sesuatu yang telah saya lakukan, semuanya terbayar. Ini gila,” kata Giersdorf dalam wawancara di acara di Stadion Arthur Ashe di Queens, New York, yang diposting oleh penyelenggara di Twitter.

Sebelumnya, sejak April lalu, Epic Games mulai mengajak para pemain dari seluruh dunia untuk berpartisipasi dalam ajang turnamen Piala Dunia Fortnite. Epic Games menggelar turnamen skala dunia ini dalam dua mode, yaitu mode “Solo” dan “Duo”. Pada mode “Duo”, dua pemain dengan julukan masing-masing Nyhrox dan aqua berhasil membawa pulang 3 juta dollar AS (Rp 42 miliar) pula dengan skor gabungan 51 poin.

Cuplikan game Fortnite. (Foto: Epic Games)

Diluncurkan pada 2017, popularitas Fortnite telah menyumbang pendapatan untuk Epic Games selaku developernya sebesar USD 15 miliar atau setara Rp 210 triliun pada tahun lalu. Game bergenre Battle Royale ini memang tengah digandrungi remaja dan anak-anak di dunia. Ketenarannya bersaing dengan game sejenis lainnya Apex Legends dari EA dan PlayerUnknown’s Battlegrounds dari Tencent Holdings.

Hadiah turnamen yang terbilang sangat besar ini sendiri merupakan imbas dari popularitas video dan game online yang kian berkembang pesat. Sehingga mampu menarik investasi bernilai tinggi yang memicu munculnya olahraga profesional.

Menurut sebuah laporan yang dirilis tahun ini, diperkirakan pendapatan global dari esports, sebutan kompetisi video game profesional, akan mencapai USD 1,1 miliar pada tahun 2019. Mengalami kenaikan sebesar 27 persen dibandingkan tahun lalu. Hal ini didukung peningkatan pendapatan dari iklan, sponsor, dan hak media.

Analisis perusahaan analisis game Newzoo, mengemukakan, olahraga ini akan menghasilkan USD 152,1 miliar pada 2019. Mengalami kenaikan 9,6 persen dibandingkan tahun lalu. (*)

Writer: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top