FILM

Perankan Gundala, Abimana Mengaku Kepanasan Pakai Kostum

Abimana (tengah) bersama Joko Anwar (jaket hitam) dan para pemeran film Gundala. (Foto: ist)

JAKARTA, Kate.id – Ada pengalaman menarik yang membuat aktor Abimana Aryasatya selalu terkenang saat memerankan Gundala dalam film superhero ‘Gundala’. Dia mengaku merasa kepanasan saat memakai kostum Gundala ketika syuting film arahan sutradara Joko Anwar itu tersebut.

“Kadang (terasa) panas, dehidrasi saat (saya) mengenakan kostum. Makanya, (saya) gantian gunakan kostum (dengan pemain pengganti),” ujar Abimana sebagai pemeran Sancaka dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu.

Kostum Gundala yang dipakai Abimana dapat dilihat dari cuplikan ‘Gundala’ yang ditayangkan di kanal situs YouTube Screenplay Films. Dalam cuplikan tersebut, terdapat adegan ketika Sancaka berubah sebagai Gundala dengan mengenakan kostum.

Abimana mengaku belajar dari Joko Anwar tentang pendalaman karakter Sancaka yang merupakan karya komikus Harya Suraminata alias Hasmi itu. Abimana menilai Joko Anwar sangat rinci saat menjelaskan karakter Sancaka, termasuk penilaian fisik, latar belakang, hingga arti nama Sancaka.

Abimana mengaku aktingnya sangat terbantu oleh arahan Joko Anwar sebagai sutradara dan penulis skenario. “Kerja dengan Joko sangat mudah karena dia tahu apa yang mau dia sampaikan. Semua sudah dipikirkan dan dikonsep olehnya,” tutur aktor berumur 36 tahun itu.

Sebagai aktor berpengalaman, Abimana Aryasatya masih menyimpan perasaan yang tidak biasa saat dipilih sebagai pemeran ‘Gundala’ yang merupakan pahlawan super. “Perasannya senang, tapi juga takut seperti melihat lahiran anak,” aku Abimana.

Demi peran Sancaka dan Gundala, Abimana bahkan menurunkan berat badannya hingga 10 kilogram. “Tapi, sekarang sudah naik lagi,” kata Abimana.

Dia mengaku sengaja menurunkan berat badannya untuk menyesuaikan dengan skenario film tersebut, bukan ingin terlihat keren. Sayangnya, Abimana tidak ingin mengemukakan kenapa dia harus menurunkan berat badan karena berkaitan dengan cerita ‘Gundala’.

“Jadi, kalau sudah nonton nanti akan mengerti, di dialog pun ada, menjelaskan kenapa Sancaka badannya seperti itu,” terangnya.

Menurut Abimana, Joko Anwar sangat terperinci dalam menjelaskan karakter-karakter di film tersebut. Abimana sudah mendapatkan gambaran lengkap tentang tokoh yang diperankannya termasuk penampilan fisik, latar belakang hingga arti nama Sancaka.

‘Gundala’ berkisah tentang Sancaka yang telah hidup di jalanan sejak orang tuanya meninggalkannya. Dia menjalani kehidupan yang berat dan tetap bertahan dengan memikirkan keselamatannya.

Ketika keadaan kota semakin buruk dan ketidakadilan berkecamuk di seluruh negara, Sancaka harus memutuskan apakah terus hidup menjaga dirinya sendiri atau bangkit menjadi pahlawan untuk mereka yang tertindas.

Film Gundala dijadwalkan tayang di bioskop-bioskop Tanah Air pada 29 Agustus 2019. Film ini diproduksi oleh Screenplay Films, Bumilangit Studios, serta Legacy Pictures.

Sancaka atau Gundala sendiri adalah tokoh komik rekaan Harya Suraminata atau lebih dikenal dengan nama Hasmi, yang muncul pertama kali dalam komik Gundala Putra Petir pada 1969.

Total 23 komik sudah diterbitkan oleh Hasmi sepanjang hidupnya. Kini hak cipta Gundala dipegang oleh Bumilangit, rumah bagi lebih dari seribu karakter komik Indonesia. (*)

Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top