GAME

Sony Umumkan PlayStation Classic, Konsol Retro Versi Mini dari PS1

PlayStation Classic.

Kate.id – Sony mengikuti langkah Nintendo dengan merilis versi miniatur dari konsol lawas: PlayStation Classic. PlayStation Classic adalah versi baru dari PlayStation original yang bisa digenggam dengan mudah di tangan dan dengan mudah dihubungkan ke televisi modern.

Sebagaimana NES Classic dan SNES Classic dari Nintendo, PlayStation Classic akan hadir derngan sederetan daftar game-game hit dari daftar game PlayStation. Jumlahnya akan ada sekira 20-an game, dengan lima judul awal yang diumumkan Sony meliputi Final Fantasy 7, Jumping Flash, R4: Ridge Racer Type 4, Tekken 3 dan Wild Arms.

“Semua game yang sudah terpasang di dalamnya akan bisa dimainkan dalam format aslinya,” kata perusahaan ini dalam pengumuman di Blog PlayStation.

Sony berencana merilis PlayStation Classic secara luas pada 3 Desember, yang menjadi hari jadi ke-24 PlayStation, di mana pada tanggal itu PlayStation untuk pertama kali dirilis. PlayStation 1atau PS1 memulai debutnya di Jepang pada 3 Desember 1994, sementara di Amerika konsol ini dijual mulai September 1995.

Rencananya, versi baru konsol klasik ini akan dijual eceran seharga USD 100 di Amerika Serikat, £90 di Inggris, €100 di Eropa, dan 9,980 yen in Japan. Dengan harga segitu, pembeli akan mendapatkan sistem mesinnya dan dua kontroler. Gamepadnya memiliki ukuran penuh sebagaimana replika kontroler asli PS1, bukan DualShock. Artinya, gamepadnya tidak memiliki tombol analog atau getaran.

Disesuaikan dengan “zaman now”, gamepad PlayStation Classic ini dilengkapi perangkat kabel USB yang bisa dipasangkan ke dalam konsol dengan lokasinya berada sama persis pada port kontroler sistem aslinya. Di satu sisi, gamer tidak bisa memasukkan memory card PS1 ke dalam PlayStation Classic, melainkan save dilakukan via penyimpanan virtual memory card.

Perbandingan PlayStation Classic (kiri) dan PlayStation original.

Meski begitu, tombol-tombol replika di bagian atas sistemnya memiliki fungsinya sendiri. Tombol power sebagaimana namanya, tombol open untuk mengganti disk virtual, dan tombol reset untuk menghentikan permainan. Belum ada informasi apakah PlayStation Classic akan memiliki filter visual atau pengaturan display seperti pilihan yang tersedia dalam konsol retro Nintendo.

Menurut keterangan Sony, PlayStation Classic memiliki ukuran 45 persen lebih kecil ketimbang sistem aslinya. Bagian belakang unitnya hanya memiliki dua port, yaitu HDMI-out untuk video dan audio, dan micro-USB untuk power. Paket game ini juga hadir dengan kabel-kabel untuk kedua port tersebut, tetapi tidak memiliki AC adapter.

Terdapat juga penutup plastik di bagian belakang sistemnya, tetapi belum ada informasi mengenai hal tersebut. Pada PS1 original, ada port paralel di bawah penutup tersebut. Kritik yang umum dilayangkan untuk NES Classic dan SNES Classic adalah, tidak ada cara untuk menambahkan game ke dalam konsol mini tersebut tanpa meretasnya. Sehingga, ada dugaan bahwa di balik penutup belakang PlayStation Classics itu terdapat sesuatu seperti port Ethernet, di mana Sony mengizinkan para pelanggannya yang memiliki versi digital dari game-game PSOne Classics untuk memainkannya di konsol retro ini? Ditunggu saja kabar berikutnya. (*)

Writer: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top