HUKUM & KRIMINAL

Terlibat Jaringan Narkoba, Anggota DPRD Langkat Ditangkap

Anggota DPRD Langkat, Ibrahim Hasan ditangkap BNN atas dugaan kepemilikan sabu-sabu. (Foto: Istimewa)

MEDAN, Kate.id – Tingkah tak terpuji kembali ditunjukkan wakil rakyat. Kali ini oleh oknum anggota DPRD Kabupaten Langkat, Ibrahim Hasal alias Ibrahim Hongkong. Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini ditangkap Badan Narkotka Nasional (BNN) akibat terlibat kasus narkoba jaringan internasional.

Keterlibatan Ibrahim terungkap setelah BNN Pusat menggerebek jaringan narkoba di Aceh dan Pangkalan Susu, Sumatera Utara (Sumut) pada Senin (20/9/2018). Pria 45 tahun yang menjabat Wakil Ketua Komisi A DPRD Langkat dari Fraksi NasDem tersebut diamankan BNN Pusat atas kepemilikan narkotika jenis sabu-sabu seberat 150 Kg.

Irjen Arman Depari selaku Deputi BNN Pusat Bidang Pemberantasan menjelaskan, pengungkapan bermula dari penangkapan kapal kayu berwarna biru di perairan Aceh Timur kawasan Selat Malaka sekira pukul 14.30 WIB. Dalam kegiatan ini, tim BNN melakukan operasi bersama Bea Cukai dan TNI Angkatan Laut Langsa.

Usai kapal kayu diamankan, tim gabungan merazia dan menyisir ke dalam kapal. Setelah pemeriksaan ditemukan empat orang dengan barang bukti tiga karung goni diduga berisi narkotika sabu-sabu.

Petugas gabungan lantas menginterogasi empat orang yang diamankan. Dari interogasi itu, diketahui nama-nama lain yang terlibat dan siapa pemilik sabu-sabu. Ibrahim Hasan diketahui sebagai pemilik sabu-sabu. Petugas pun segera melakukan pengejaran yang berbuah penangkapan.

“Penangkapan juga dilakukan terhadap Rinaldi alias Naldi pemilik kapal. Selain itu juga diamankan Ibrahim alias Jampok merupakan kurir dan orang gudang yang menyimpan narkotika,” ungkap Arman Depari.

Dari pengungkapan yang dilakukan, aparat mengamankan tujuh tersangka. Kata Arman, saat ini pihaknya telah mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya tiga karung goni berisi narkotika dan kartu anggota DPRD Langkat atas nama Ibrahim Hasan.

BAKAL DIPECAT DARI PARTAI

Menanggapi keterlibatan kadernya terlibat narkoba, NasDem Sumut memastikan bakal memecat Ibrahim Hasan dari keanggotaan parpol besutan Surya Paloh tersebut. Hal ini diungkapkan Ketua Organisasi Kader dan Keanggotaan DPW Partai NasDem Sumut, Sudarto Sitepu.

“Setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh BNN, Ibrahim Hasan langsung dipecat dari Kader Nasdem,” kata Sudarto dalam jumpa pers di kantor DPW partai NasDem, Jalan Mongonsidi Medan, Senin (20/8/2018).

Ditambahkan, selain pemecatan dari kader partai, NasDem juga akan mencopot Ibrahim dari kursi anggota dewan. Pun begitu, namanya akan dihilangkan dari daftar calon anggota legislatif (caleg).

Menurut Sudarto, ketika pengajuan dan seleksi bakal caleg, tersangka tidak terbukti menggunakan narkoba. Karena saat tes kesehatan dalam pendaftaran bakal caleg, Bacaleg, hasil tes menyatakan urine Ibrahim negatif narkoba. (*)

Writer: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top