ASIAN GAMES 2018

Gilas Hong Kong 3-1, Indonesia Juara Grup A

Stefano Lilipaly menjadi bintang lapangan dalam laga Indonesia kontra Hong Kong. (Foto: Twitter)


BEKASI, Kate.id – Hasil memuaskan didapatkan tim Indonesia di babak penyisihan grup cabang sepak bola Asian Games 2018. Hal ini setelah timnas U-23 Indonesia tersebut sukses menggilas Hong Kong 3-1 dalam laga terakhir di grup A, di Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi, Jawa Barat, Senin (20/8/2018) malam.

Kemenangan yang diraih anak asuh pelatih Luis Milla itu menjadikan Indonesia juara Grup A dengan nilai sembilan. Dengan perolehan poin ini, Indonesia secara mantap lolos ke babak 16 besar.

Pada awal-awal pertandingan, kedua tim lebih banyak bertarung di lapangan tengah karena ketatnya pertahanan masing-masing. Meski begitu, Indonesia tampil sedikit lebih dominan berkat penguasaan bola lebih baik.

Memasuki pertengahan babak pertama, pertandingan berkembang lebih keras. Akibatnya, di ke-27, pemain Indonesia Febri Hariyadi mendapat kartu kuning karena menarik baju Chun Lok Tan, yang kemudian mengganjal lawan hingga terjatuh.

Beberapa peluang sempat tercipta, termasuk peluang yang dimiliki Irfan Jaya di ke-28. Namun umpan silang ke arah Alberto “Beto” Concalves yang menunggu di depan gawang, berhasil dihadang kiper Chun Yuen Ho.

Hansamu Yama (kiri) berhasil menahan serangan dari pesepak bola Hong Kong Lau ORR Matthew ELLiot Wing Kai (tengah). 
(Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Charlie)

Berstatus tuan rumah, Indonesia sempat dibuat terkejut setelah pemain lawan unggul lebih dahulu di menit ke-37. Melalui tendangan Hok Ming Lau, Hong Kong unggul 1-0 atas Indonesia.

Lolos dari jebakan offside dan kawalan Hansamu Yama di kanan kotak penalti, Hok Ming Lau dengan mudah melesakkan bola ke gawang Indonesia yang dikawal kiper Andritany. Hasil ini bertahan hingga babak pertama usai.

Tak ingin dibuat malu di hadapan para pendukungnya, timnas berbenah di babak kedua. Terbukti tak lama setelah peluit babak kedua ditiup, tepatnya di menit ke-46, Indonesia sukses menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak Irfan Jaya.

Gol penyeimbang ini berawal dari serangan pemain naturalisasi asal Belanda, Stefano Lilipaly yang digencarkan di lapangan tengah. Dengan jeli, Lilipaly memberikan umpan kepada Irfan Jaya yang berada di sisi kanan lapangan. Setelah menggiring bila ke arah gawang, Irfan Jaya melepaskan tendangan keras yang tak mampu dibendung kiper Hong Kong, Ho Chun Yuen.

(Foto: Antara)

Keberhasilan Irfan Jaya ini membuka peluang tim Garuda Muda untuk kembali mencetak gol demi mencatatkan kemenangan. Namun gol yang membawa keunggulan bagi Indonesia baru tercipta di menit ke-85.

Gol yang ditunggu-tunggu tersebut lahir lima menit sebelum pertandingan usai melalui tendangan Stefano Lilipaly. Pemain bernomor punggung 10 itu mesti melewati beberapa pemain di wilayah pertahanan lawan sebelum membuat Indonesia unggul 2-1.

Balik tertinggal, pemain Hong Kong ganti menggencarkan serangan. Akibatnya, tercatat beberapa kali pertahanan Indonesia keteteran. Namun beberapa peluang pemain Hong Kong masih bisa dimentahkan barisan pertahanan Indonesia yang ingin membuat 30 ribu suporternya bangga.

Di detik-detik terakhir sebelum peluit panjang dibunyikan, Indonesia semakin memantapkan kemenangan lewat gol Hanif Sjahbandi. Gol di menit ke-94 ini terlahir dari umpan matang Stefano Lilipaly. Indonesia pun mencatatkan kemenangan telak 3-1 atau Hong Kong.

Namun di satu sisi, kerasnya permainan membuat hujan kartu terjadi di kubu Indonesia. Tiga pemain tuan rumah mendapat kartu kuning yaitu Hansamu Yama, Stefano Lilipaly dan I Putu Gede.

Kemenangan ini membuat Indonesia menjadi juara grup A, unggul atas Palestina dan Hong Kong yang berada di peringkat kedua dan ketiga. Sementara pada laga lainnya, Laos mengalahkan Tionghoa Taipei (Chinese Taipei) dengan skor 2-0, walaupun kemenangan tersebut tidak berpengaruh terhadap peluang Laos yang dipastikan gagal melangkah ke babak berikutnya.

Di babak 16 besar, Indonesia bakal berhadapan melawan Uni Emirate Arab (UEA). Laga ini bakal digelar tanggal 24 Agustus 2018 di Stadion Wibawa Mukti, sekira pukul 16.00 WIB. (*)

Writer: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top