ASIAN GAMES 2018

Menang Besar Lawan Tionghoa Taipei, Indonesia Catat Awal Manis di Asian Games

Stefano Lilipaly menjadi bintang dengan mencetak dua gol ke gawang Chinese Taipe. (Foto: PSSI.org)

Kate.id – Timnas Indonesia U- 23 memulai laga perdananya di babak penyisihan Grup A, Asian Games 2018 dengan hasil manis.

Pemilihan tiga pemain senior untuk mengisi slot di Timnas U-23 oleh Luis Milla sangat ampuh. Bagaimana tidak, ketiga pemain tersebut, Stefano Lilipaly, Alberto Goncalves Costa dan Andrytani Ardhiyasa, menjadi pembeda permainan Timnas U- 23 dalam laga perdananya melawan Tionghoa Taipei (Chinese Taipei/Taiwan) di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat, Minggu, (12/8/2018).

Luis Milla tak ragu mengakui peran yang sangat besar dari ketiga pemain senior tersebut. Meski demikian, ia juga mengapresiasi seluruh pemain yang sudah bekerja keras. Sebab laga perdana dalam setiap turnamen, kata Luis Milla, selalu tidak mudah.

“Laga perdana selalu tidak mudah. Namun, kami bisa melewati dengan baik. Kami baru mendapatkan momentum di babak kedua dan pemain mulai percaya diri setelah Lilipaly mencetak gol,” kata Milla.

Tim asuhan Luis Milla itu mampu menaklukkan Tionghoa Taipei dengan skor telak 4-0 tanpa balas. Dari empat gol tersebut, dua di antaranya dicetak Stefano Lilipaly, sementara dua gol lainnya masing-masing dilesakkan Alberto Goncalves Costa dan Muhammad Hargianto.

Menurut Milla, Kemenangan besar ini menjadi modal untuk terus menjaga asa lolos ke babak berikutnya.

Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia sempat mengalami kesulitan membongkar pertahanan Tionghoa Taipei di babak pertama. Pasalnya Tionghoa Taipei bermain disiplin dengan menerapkan pola rapat dan bertahan cukup dalam.

Stefano Lilipaly dkk, masih kurang tenang dalam penyelesaian akhir, sehingga banyak membuang peluang. Hingga babak pertama usai, kedudukan masih sama kuat dengan skor kacamata, 0-0.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia berusaha kembali mengendalikan permainan. Akhirnya pada menit ke-67, Stefano Lilipaly membuka keunggulan Indonesia lewat tandukan yang keras dari jarak dekat, memanfaatkan bola hasil dari tendangan bebas yang dieksekusi  Febri Hariyadi.

Tak lama kemudian, Alberto Goncalves memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Beto menyontek bola dengan mudah setelah menerima umpan matang dari Lilipaly di depan gawang lawan.

Lilipaly menunjukkan kelasnya pada laga ini. Pemain Bali United FC ini membuat gol spektakuler pada menit ke 76. Umpan silang yang diberikan oleh Bule– Rezaldi Hehanusa dari sebelah kanan gawang lawan, dimaksimalkan dengan baik oleh Lilipaly dengan tembakan saltonya dari dalam kotak penalti. Timnas Indonesia unggul 3-0.  

Belum cukup puas dengan hasil kemenangan tersebut, Indonesia terus menggempur pertahanan Tionghoa Taipei. Hargianto yang masuk menggantikan Evan Dimas Darmono ikut mencatatkan namanya di papan skor untuk kemenangan Indonesia. Gelandang Bhayangkara FC itu menutup kemenangan tim Garuda lewat tendangan jarak jauh yang meluncur ke pojok bawah gawang lawan. Skor akhir Timnas Indonesia menang telak dari Tionghoa Taipei 4-0 tanpa balas.

Dengan kemenangan ini, Hansamu Yama dkk menduduki peringkat kedua klasemen sementara Grup A Asian Games dengan raihan tiga poin. Pada laga selanjutnya, Timnas Indonesia akan berjumpa pemuncak klasemen sementara, Palestina, pada Rabu, (15/8/2018) malam.

Palestina sudah memainkan dua laga sebelumnya, dengan raihan empat poin. Hasil dari imbang atas Tionghoa Taipei 0-0 dan menang 2-1 atas Laos.

Sementara tim lainnya di Grup A, Hong Kong menempati urutan ketiga klasemen sementara dengan tiga poin, hasil kemenangan perdana 3-1 atas Laos. Hong Kong kalah agregat gol dengan Indonesia. Disusul Tionghoa Taipei dengan 1 poin dan Laos diposisi juru kunci dengan belum mendapatkan poin. (*)

Writer: Sandy Hidayat

Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top