NASIONAL

Galang Dana untuk Lombok, Wartawan di Kaltim Kumpulkan Belasan Juta

Jurnalis di Kaltim melakukan aksi solidaritas penggalangan dana di Samarinda. (Foto: Wapena for Kate.id)

SAMARINDA, Kate.id – Gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali menimbulkan empati dari banyak pihak. Tak terkecuali para pewarta berita.

Sejumlah jurnalis dan relawan di bawah naungan Wartawan Peduli Bencana (Wapena) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar aksi solidaritas untuk korban gempa di Lombok, NTB dan Bali. Aksi ini digelar di sejumlah daerah di Kaltim, seperti di Samarinda, Bontang, Berau dan Sangatta, Kutai Timur.

Ketua Wapena Kaltim Amir Hamzah (kedua kiri) menyerahkan uang donasi kepada BPBD Provinsi Kaltim, di Samarinda. (Foto: Wapena for Kate.id)

Hasil dari urunan dan turun ke jalan, terkumpul dana sebesar Rp 12.541.000. Dana tersebut sudah diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim untuk kemudian disalurkan kepada korban yang membutuhkan di Lombok, NTB.

“Dana tersebut sudah kita serahkan kepada BPBD hari Jumat (10/8/2018) dan diterima langsung oleh Kepala BPBD Kaltim,” kata Ketua Wapena Kaltim, Amir Hamzah, yang juga wartawan TV Nasional ini, di Samarinda, Jumat (10/8/2018).

Aksi Anggota Wapena di Kota Bontang. (foto: Wapena for kate.id)

Amir menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari teman-teman wartawan untuk turun tangan membantu para korban gempa di Lombok. Mereka secara sukarela urunan dan mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam aksi ini.

Di Samarinda, penggalangan dana dilakukan di simpang Mall Lembuswana, pada Rabu (8/8/2018). Diikuti oleh wartawan dari media cetak, elektronik dan online. Begitu juga dengan rekan-rekan wartawan di Bontang, Berau dan Sangatta, Kutai Timur.

“Terima kasih atas perjuangan kawan- kawan dan masyarakat luas yang sudah turut membantu donasinya. Insyaallah akan tercatat sebagai nilai ibadah,” ujar Amir.

“Walaupun hasilnya tidak terlalu banyak, tapi semoga ini dapat meringankan beban korban bencana alam buat saudara-saudara kita disana,” tambahnya.

Teman-teman Jurnalis Wapena di Sangatta, Kutai Timur. (Foto: Wapena for kate.id)

 Tak hanya itu, Wapena Kaltim juga berencana akan ikut langsung turun tangan menjadi relawan membantu para korban gempa di Lombok, NTB. Wapena Kaltim mendapat rekomendasi dari BPBD Provinsi Kaltim untuk gabung bersama dengan relawan lainnya di Lombok, NTB.

“Ada rencana Wapena Kaltim akan diberangkatkan ke lokasi bencana. Tapi menunggu persetujuan Sekda Kaltim dulu,” tandasnya. (*)

Writer: Sandy Hidayat

Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top