ASIAN GAMES 2018

Wapres Klaim Indonesia Siap Gelar Asian Games

Wapres Jusuf Kalla usai pimpin Rapat Koordinasi Kesiapan Asian Games, bersama jajarannya, di Ruang Jumpa Pers SUGBK, Jakarta, Jum'at (3/8). (foto:kemenpora)


JAKARTA, Kate.id – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) menyatakan Indonesia sudah siap menyelenggarakan Asian Games 2018. Baik dari segi fasilitas venue hingga persiapan atlet. Indonesia akan menjadi tuan rumah pesta olahraga multi event Asia ini pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang.

“Kami sudah pada kesimpulan, Indonesia siap dalam Asian Games. Baik dari sisi venuenya, infrastrukturnya, penyelenggaraannya, dan penyiapan atlet,” kata JK saat jumpa pers di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Kesiapan tersebut diungkapkan JK setelah meninjau Wisma Atlet Kemayoran dan venue atletik dan akuatik di Komplek GBK, serta memimpin rapat koordianasi kesiapan Asian Games 2018.

Rapat koordinasi tersebut diikuti Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi, MenPUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua INASGOC Erick Tohir, Ketua KONI Tono Suratman, dan CdM Asian Games Indonesia Syafruddin.

“Inilah pesta olahraga paling masif yang kita laksanakan, paling banyak kita bangun, dan paling banyak atlet latihannya baik di dalam maupun luar negeri,” ujar JK.  

JK mengaku puas atas hasil penyelesaian sejumlah persiapan Asian Games. JK optimistis Asian Games akan berjalan dengan baik, untuk kebanggaan bangsa. “Mari satu minggu lagi kita cek,” ucap JK.

Saat melakukan kunjungan ke Wisma atlet Kemayoran, JK beserta rombongan mendatangi tepian Kali Item, kali di sisi Gedung Wisma Atlet. Kali tersebut diketahui menjadi salah satu kendala bau di kawasan Wisma Atlet. Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian PUPR gotong royong dengan pelbagai cara menghilangkau bau yang bersumber dari kali tersebut.

Wapres JK bersama rombongan saat meninjau Kali Item. (Foto: Kemenpora)

JK memastikan bau yang menyengat di Kali Item sudah tidak tercium lagi. Kata JK, bau di Kali Item sudah dapat diatasi. Bahkan dia bersama rombongan memakan buah pisang di pinggir kali. “Ini bau pisang saja,” ucap Wapres memastikan bau menyengat kali sudah tak tercium lagi.

Usai melihat kondisi Wisma Atlet, JK melanjutkan melihat venue atletik dan akuatik di komplek SUGBK. Pada kunjungan tersebut, JK bertemu dan berdialog dengan para atlet, termasuk dengan atlet muda yang beberapa waktu yang lalu membahana menjadi Juara Dunia Lari 100M U-20 Lalu Muhammad Zohri.

Kepada mereka, JK berpesan agar tetap menjaga diri agar dapat memuliakan negara. Salah satu caranya adalah dengan meraih prestasi. “Terima kasih semuanya, untuk anak-anakku semua, ini bukan saja prestasi pribadi tetapi prestasi negara, berarti disaat mendapatkan medali berarti memuliakan negara,” kata Wapres Jusuf Kalla saat menemui para atlet. 

Di kesempatan tersebut, MenPUPR Basuki Hadimuljono melaporkan kesiapan venue di Jakarta maupun kawasan Jakabaring Sport City Palembang Sumatra Selatan, Jawa Barat, dan Banten telah siap 100 persen. “Sudah siap semuanya 100 persen,” ucap Menteri PUPR, Basuki.

Sementara untuk kesiapan atlet, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan seluruh persiapan akhir telah dilakukan dengan baik. “Seluruh atlet sudah mempersiapkan dengan baik, doakan tetap pada performa terbaik untuk mempersembahkan prestasi yang membanggakan Indonesia pada Asian Games 2018,” ujar Menpora, seperti dilansir dari laman resmi Kemenpora. (sh)

Writer: Sandy Hidayat
Editor: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top