POLITIK

Terbitkan SKCK, Mabes Polri Pastikan Prabowo Bersih

Prabowo Subianto dinyatakan bersih dari perbuatan melawan hukum oleh Mabes Polri melalui SKCK yang telah diterbitkan. (foto: Reuters)

JAKARTA, Kate.id – Foto Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 belakangan beredar luas. Menanggapi viralnya SKCK tersebut, Mabes Polri membenarkan memang telah sudah menerbitkan SKCK untuk Prabowo Subianto.

Hal ini diungkapkan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal. “Iya Mabes Polri yang keluarkan. Masyarakat dari elemen manapun yang mengajukan permohonan SKCK apabila memenuhi syarat formal kami akan layani,” ujarnya, Rabu (25/7/2018).

Iqbal menjelaskan, menjelang tahun politik baik Pemilu 2019, permohonan pembuatan SKCK semakin banyak di kepolisian. Hal ini dikarenakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan SKCK sebagai salah satu persyaratan bagi capres, calon wakil presiden (cawapres), dan calon anggota legislatif (caleg) yang maju pada Pemilu 2019.

Jenderal Bintang Satu ini bertutur, pembuatan SKCK ini juga bisa dilakukan di kantor polisi tingkat daerah dengan pelayanan satu hari. “One day service. Memang agak sedikit menunggu karena secara kuantitas volume saat ini sangat banyak. Baik itu di Polres, satuan wilayah, Polda, dan Mabes Polri,” beber Iqbal.

Menurut dia, terbitnya SKCK Prabowo Subinato tersebut menegaskan bahwa Polri menyatakan Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu bersih dari perbuatan melawan hukum. SKCK yang dikeluarkan Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri itu sendiri berlaku dari 24 Juli 2018 hingga 24 Januari 2019 mendatang.

Walaupun tahapan Pemilu masih panjang, Polri memastikan Prabowo tidak perlu kembali membuat SKCK untuk kebutuhan Pilpres 2019. Pasalnya SKCK yang sudah diterbitkan itu sudah bisa menjadi lampiran untuk mendaftar ke KPU. (ton)

 

Writer: Tony Borneo

Comments

BERITA TERBARU

To Top