KULINER

10 Variasi Menu Sandwich dari Berbagai Negara

Sandwich, Aneka Makanan, Kuliner, Roti (Kumparan)

Kate.id – Hampir semua negara memiliki kreasi menu sandwich atau roti lapis yang menarik. Menggunakan variasi bahan dan cara penyajian yang berbeda, masing-masing negara menawarkan cita rasa dan kelezatan menu sandwich yang nikmat dan menggugah selera.

Dengan kombinasi bahan lengkap, tak jarang sandwich disajikan sebagai menu sarapan, makan siang, ataupun sebagai kudapan pengganjal lapar di waktu senggang. Namun, kira-kira negara mana saja-kah yang memiliki variasi menu sandwich? Dilansir Reader Digest, yuk simak ulasannya:

1. Banh mì – Vietnam

Berasal dari Vietnam, Banh Mì terbuat dari potongan roti tebal yang diisi dengan sejumlah topping lezat seperti daging panggang, acar, cabai, mayones, serta taburan daun ketumbar sebagai pelengkapnya. Agar semakin nikmat, Banh Mì disajikan bersama dengan saus tomat.

2. Jambon beurre – Prancis

Jambon Beurre merupakan sajian sandwich khas Prancis yang dibuat dengan bahan yang cukup sederhana. Tak menggunakan sayuran sebagai isiannya, Jambon Beurre terbuat dari roti baguatte renyah yang dipadukan dengan olesan mentega dan ham yang melimpah. Untuk menyempurnakan rasanya, penduduk Kota Mode tersebut membubuhkan keju leleh di bagian atasnya. Nikmat!

3. Panini – Italia

Sandwich asal Italia ini terbuat dari roti ciabatta bertekstur lembut dengan isian daging panggang dan keju Italia yang melimpah. Dalam penyajiannya, roti ciabatta yang telah diisi topping akan dipanggang dalam oven hingga keju meleleh dan bagian permukaannya berubah warna kecokelatan.

4. Shawarma – Timur Tengah

Tak selalu identik dengan kawasan Eropa, Timur Tengah rupanya juga memiliki hidangan sandwich yang tak kalah lezatnya, lho. Bernama Shawarma, sajian ini terbuat dari roti pita yang diisi dengan irisan daging panggang, sayuran segar, dan saus. Dengan bahan-bahan yang begitu sederhana, Shawarma memiliki cita rasa yang sangat mirip dengan kebab.

5. Torta – Meksiko

Menu sandwich selanjutnya adalah Torta yang berasal dari Meksiko. Sering disantap sebagai menu sarapan atau makan siang, Torta terbuat dari roti lembut berpadu dengan beragam isian, mulai dari daging, ikan, atau sayuran untuk para vegetarian.

6. Vada Pav – India

Bagi para vegetarian, tak ada salahnya untuk mencoba menu sandwich ala India ini. Bernama Vada Pav, sajian tersebut terbuat dari tumpukan roti yang diisi dengan setangkup kentang goreng yang telah dibumbui dengan rempah dan cabai. Meski berbahan sederhana, shawarma memiliki rasa yang begitu nikmat dan juga mengenyangkan.

7. Arepa – Kolombia dan Venezuela

Selanjutnya ada Arepa. Sandwich asal Kolombia dan Venezuela ini terbuat dari setangkup roti panggang yang diisi dengan daging sapi, ayam, keju, dan telur. Selain dikonsumsi sebagai menu sarapan di pagi hari, Arepa juga sering disantap sebagai menu camilan saat waktu senggang.

8. Cuban sandwich – Florida

Serupa dengan menu sandwich di Kolombia dan Venezuela, Cuban sandwich terdiri dari roti panggang, acar, keju, irisan bawang bombay dan mustard. Dengan kombinasi bahan yang begitu lengkap dan padat, Cuban sandwich sangat cocok disantap sebagai menu sarapan atau makan siang.

9. Bocadillo – Spanyol

Bocadillos adalah sejenis hidangan sandwich asal Spanyol yang terbuat dari roti, telur dadar, tuna, ayam, chorizo daging panggang, atau keju. Disajikan dalam porsi kecil, Bocadillo biasa dihidangkan bersama dengan bir, soda, atau minuman dingin lainnya.

10. Chip butty – Inggris

Nah, bila ingin menyantap sandwich yang lezat sekaligus mengenyangkan, Chip Butty asal Inggris ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untukmu. Ya, terbuat dari setangkup roti dengan isian kentang goreng dan creamcheese, dijamin deh perutmu akan langsung terisi penuh setelah menyantapnya. Yummy! (sh)

 

sumber: kumparan.com
Comments

BERITA TERBARU

To Top