NASIONAL

Selama 6 Jam KPK Geledah Kantor PLN 

Penyidik KPK menggeledah gedung PLN Pusat (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)

JAKARTA, Kate.id – Setelah berada di dalam Kantor Pusat PLN selama lebih dari enam jam, penyidik KPK keluar sembari membawa sejumlah barang. Penggeledahan yang mulai berlangsung pada Senin (16/7) pukul 18.05 WIB, baru selesai pada Selasa (17/7) pukul 00.20 WIB.

Saat keluar, tampak delapan penyidik KPK membawa tiga kardus dan tiga koper. Mereka langsung masuk ke lima mobil yang menunggu dan meninggalkan Kantor PLN. Tidak ada keterangan yang mereka berikan. Selepas penyidik KPK meninggalkan bangunan di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, sejumlah karyawan PLN masih tampak di lokasi.

Penggeledahan di Kantor Pusat PLN berlangsung bersamaan dengan penggeledahan di ruang kerja Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eni Saragih, dan kantor PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB).

Juru bicara KPK Febri Diansyah menyebutkan, pengeledahan berlangsung untuk mencari bukti terkait suap proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1. Ada sejumlah dokumen dan rekaman kamera pengintai yang disita KPK dari ketiga tempat tersebut.

“Dokumen yang menjelaskan skema kerja sama sejumlah pihak di kasus ini. Ada juga barang bukti yang diamankan, di antaranya cctv dan alat komunikasi,” sebut Febri, Senin (16/7).

KPK sebelumnya juga menggeledah rumah Dirut PLN Sofyan Basir pada Minggu (15/7). Sejumlah dokumen dan rekaman CCTV disita oleh penyidik KPK.

Kasus suap ini awalnya terungkap dari operasi tangkap tangan (OTT) pada Jumat (13/7). Dalam OTT tersebut, Eni yang merupakan kader Partai Golkar diduga menerima suap Rp 4,8 miliar dari pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited, Johannes Budisutrisno Kotjo. KPK menduga uang itu merupakan suap terkait pembangunan PLTU Riau-1. (tar)

Comments

BERITA TERBARU

To Top