SAINS & TEKNO

Mulai Diujicobakan pada Manusia Vaksin HIV yang Menjanjikan

ilustrasi human immunodeficiency virus atau HIV.

CAMBRIDGE, Kate.id Ini adalah pencarian yang sudah berjalan hampir 40 tahun: menemukan vaksin yang aman dan efektif untuk HIV.

Para ilmuwan, kini, “optimistis, namun berhati-hati” bahwa mereka selangkah lebih dekat setelah uji coba vaksin baru terhadap manusia dan monyet telah menunjukkan hasil yang menjanjikan. Demikian seperti dikutip dari ABC Australia, Minggu (15/7/2018).

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal The Lancet, pengobatan uji coba itu ditemukan untuk menghasilkan tanggapan kekebalan anti-HIV pada orang dewasa yang sehat, dan melindungi monyet terhadap infeksi dari virus yang mirip dengan HIV.

Peneliti utama, Dan Barouch, dari Harvard Medical School mengatakan, penelitian itu merupakan “tonggak penting” dalam penelitian HIV, tetapi hasilnya harus ditafsirkan dengan hati-hati.

“Kami senang dengan hasil saat ini … tetapi kami tak bisa berasumsi bahwa vaksin ini akan bekerja pada manusia,” kata Profesor Barouch kepada The Health Report.

Untuk menguji teori itu, kini, para peneliti akan memberi vaksin 2.600 perempuan di Afrika bagian selatan yang berisiko tertular HIV.

“Ini hanyalah konsep vaksin HIV kelima yang akan diujicobakan kemanjurannya pada manusia dalam sejarah 35 tahun epidemi global,” kata Profesor Barouch.

Hampir 37 juta orang di seluruh dunia hidup dengan HIV, dengan sekitar 1,8 juta kasus baru setiap tahunnya. (tar)

Comments

BERITA TERBARU

To Top